Mahasiswa KKN – IK IAIN Kudus lakukan Survei dan Pendataan pada setiap UMKM di Desa Sumbermulyo

Mahasiswa  KKN IAIN Kudus melaksanakan kegiatan pendataan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM ) Pada hari Selasa, 14 September 2021 Mahasiswadi Desa Sumbermulyo Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Pendataan UMKM ini ditujukan pada seluruh warga Desa yang memiliki usaha-usaha mikro. Kegiatan tersebut dilaksanakan di 4 dusun yang ada di Desa Sumbermulyo yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan pendataan UMKM ini berlangsung kurang lebih satu minggu.

Tujuannya dilakukan pendataan ini untuk mendapatkan jumlah pelaku UMKM secara akurat dan ril, sekaligus melihat perkembangan kondisi baik usaha mikro maupun usaha kecil dan menengah di Desa Sumbermulyo. Juga dapat membantu pemerintah Desa Sumbermulyo untuk memiliki data terkait UMKM di wilayah desa yang sebelumnya tidak dimiliki oleh pemerintah desa.

Melalui pendataan UMKM ini, tim mahasiswa KKN dapat mengetahui kendala dan keluhan yang selama ini dirasakan oleh pelaku UMKM di Desa Klecoregonang. Kendalanya yaitu kurangnya modal dan keterbatasan oleh tenaga kerja. Pelaku UMKM belum begitu mengetahui memiliki kendala dalam permodalan dikarenakan masih dalam keadaan pandemi covid sehingga beoengaruh terhadal jumlah penjuala produk dalam satu bulan. Hak itu yang menjadi penyebab utama dalam hal permodalan dan juga jumlah tenaga kerja yang terbatas tetapi pesanan lebih banyak sehingga harus lembur u tuk menuntaskan pesanan pembeli. cara untuk mendapatkan modal guna mengembangkan usaha. Hal ini dikarenakan banyak UMKM belum memiliki izin usaha.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan