Potensi desa : Pemanfaatan Limbah Kayu sebagai Bahan Dasar Pembuatan Bok Kandang Ayam dan Pagar

Usaha pemanfaatan limbah kayu untuk lembuatan bok kandang ayam dimulai tahun 2018, warga desa Sumbermulyo dukuh Glagah RT.03 / RW.02 memulai usaha pembuatan perabotan dari kayu, beliau ialah bapak Slamet. Bapak Slamet  ingin mencoba membangun usaha perabotan dari kayu dan kebetulan beliau juga memiliki keahlian dalam membuat perabotan rumah dari kayu. Awal membuka usaha, bapak Slamet mulai membuat perabotan rumah seperti rak piring, kursi, pagar kayu, dan kandang ayam. Kayu yang dipakai berasal dari kayu limbah yang dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga menciptakan barang yang memiliki nilai guna.

Awal membuka usaha bapak slamet hanya dibantu oleh tetangga yang sama memiliki keahlian dalam membuat perabotan rumah dari kayu. Saat ini, bapak slamet emiliki 4 karyawan yang ditempatkan pada pekerjaan sesuai dengan keahlian dan juga yang telah ditentukan oleh bapak Slamet. Dalam usaha ini, membuat berbagai bentuk kandang ayam dan juga pagar yang terbuat dari limbah kayu juga yang nantinya akan dihaluskan dahulu permukaannya untuk mendapatkan hasil yang bagus. Kayu yang biasa digunakan biasanya jenis kayu mbengkireh.

Pendataan Usaha Limbah Jaya

Pemesanan barang dapat dilakukan dengan datang langsung ke rumah bapak Slamet, desa Sumbermulyo, dukuh Glagah, RT.03 /RW.02. Penghasilan per hari yang didapat tergantung jumlah pesanan yang dipesan konsumen. Banyak konsumen yang menjadi langganannya karena bapak Slamet mematok harga yang terjangkau dan memiliki kualiatas kuat tidak mudah lapuk. Pendapatannya perbulan bisa mencapai Rp 500.000, dengan sasaran konsumen sampai ke luar kota Pati dan dipasarkan lewat sosial media seperti facebook dan whatsaap.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan