Guna Memaksimalkan Pendapatan UMKM, Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus mengadakan Pelatihan Marketplace

Pelaksanaan Pelatihan Marketplace

 

Pelaksanaan pelatihan Markeplace dilaksanakan pada hari minggu, 26 September 2021 yang dilaksanakan di balai desa klecoregonang. Acara tersebut dihadiri kurang lebih 50 peserta dari beberapa desa. Narasumber dalam kegiatan pelatihan Marketplace yaitu Ibu Dewi Kristyarini selaku pengusaha online dan juga dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan dari kecamatan winong 1 yaitu Ibu Retno Susilowati, M.Pd.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.30 WIB, adapun rangkaian acara meliputi pemaparan dan pengenalan melalui platform belanja online yang memiliki pengguna tertinggi di Indonesia  yakni Shopee yang akan dijelaskan oleh Ibu Dewi selaku narasumber. Kemudian dilanjutkan pelatihan pemasaran produk dan cara mendapatkan gratis ongkir di toko yang kita buat, serta tips cara mencari toko yang bisa melakukan dropship. Dan rangkaian acara terakhir yakni pelatihan membuat toko dalam aplikasi shopee.

Pembahasan Materi Mengenai Marketplace

Pemilihan  platform  shopee ini dikarenakan  aplikasi ini sudah biasa digunakan  masyarakat dalam belanja online. Selain itu, juga menyediakan beberapa pilihan jasa kirim, penggunaan aplikasi yang mudah, simple, dan hits sehingga masyarakat lebih suka menggunakan aplikasi tersebut. Shopee lebih unggul karena ragam produk shopee lebih menarik dengan tawaran harga yang kompetitif. Selain itu, shopee juga dilengkapi dengan platfrom dengan fitur yang dapat memperpanjang  time spent dan engagement sehingga menjadikan daya tarik tersendiri bagai para penggunanya.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengimplementasikan marketing online melalui e-commerce guna memaksimalkan pendapatan UMKM dalam hal pemasaran di era digital seperti sekarang ini. Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada generasi muda untuk tetap semangat dalam berwirausaha meskipun di masa pandemi dan juga menambah pengetahuan ilmu seputar marketplace dan dapat juga dijadikan batu loncatan anak muda agar bisa maju dan bersaing di era digital seperti sekarang ini berkat adanya pelatihan yang diadakan.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan