Mahasiswa KKN – IK IAIN Kudus Berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu di Desa Sumbermulyo

Penyuntikan Imunisasi Kepada Balita

 

Pelaksanaan kegiatan posyandu di Desa Sumbermulyo dilaksanakan setiap satu bulan sekali sebagai upaya peduli akan kesehatan balita tumbuh kembang balita. Kegiatan Posyandu di Desa Sumbermulyo dibagi berdasarkan pembagian empat dusun yang terdiri dari pojok, gawang, mbutoh dan glagah. Mahasiswa IAIN Kudus mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu di rumah Bu Mukti pada hari Jumat,10 September 2021.

Pelaksanaan di dusun pojok tempat kegiatan posyandu di rumahnya Bu Mukti. Kegiatan Posyandu dilaksanakan pukul 09.00 WIB. Adapun jumlah balita yang hadir sekitar 35 balita dari usia 3 bulan – 4 tahun. Dikarenakan untuk mengurangi kerumunan dan antrian yang banyak sehingga pelaksanaan posyandu dibagi berdasarkan tingkat RT. Bidan desa yang bertugas yaitu Ibu Tutik dan dibantu oleh beberapa kader posyandu yang berjumlah 5 orang.

Para kader ikut membantu dalam kegiatan posyandu berdasarkan tugasnya masing- masing terdiri dari ada yang menerima tamu dan mengisi daftar hadir, menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, mengisi buku Kesehatan Ibu dan Anak ( KIA ) dan memberikan Pemberian Makanan Tambahan ( PMT ) kepada balita.

 

Pencarian Data Balita Berdasarkan Buku KIA

Kegiatan Posyandu dapat menjadi sarana bagi ibu untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak, baik dengan petugas kesehatan maupun dengan peserta posyandu lainnya. . Selain itu juga memberikan informasi mengenai kesehatan ibu dan anak seperti pemberian ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit. Serta dapat memantau tumbuh kembang anak sehingga terhindar dari risiko kekurangan gizi dan gizi buruk. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan