Pembukaan Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN- IK ) IAIN Kudus di Desa Sumbermulyo

Penyerahan Mahasiswi KKN- IK kepada Pemdes Sumbermulyo

KKN- IK merupakan Kegiatan Kerja Nyata yang dilaksanakan mahasiswa secara terintegrasi antara kompetensi program studi dan pengabdian kepada masyarakat. KKN- IK yang diterapkan oleh IAIN Kudus tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana dalam pelaksanaannya dilakukan secara daring (dalam jaringan). Sedangkan tahun ini pelaksanaannya secara blanded atau berdasarkan daring/ online maupun luring/ offline. Berdasarkan keputusan Pemerintah Kabupaten Pati, dikarenakan dalam masa pandemi Covid sehingga kegiatan KKN- IK di wilayah Kabupaten Pati dilaksanakan dengan berbasis tempat tinggal mahasiswa yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran cluster virus Corona. Adapun kegiatan KKN – IK IAIN mengangkat tema “Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama ” dilaksanakan selama satu bulan kedepan mulai dari tanggal 06 September – 06 Oktober 2021.

 

Penyerahan Mahasiswi KKN- IK kepada Pemdes Desa Sumbermulyo

Pelepasan peserta KKN- IK IAIN Kudus dilaksanakan secara daring via Zoom dan Streaming Youtube LPPM IAIN Kudus yang dipimpin oleh Dr. H. Mudzakir, M.Ag selaku Rektor IAIN Kudus dan H. Mohammad Dzofir, M. Ag selaku ketua LPPM. Sebelum Pelaksanaan KKN- IK di Desa Sumbermulyo diadakan penyerahan peserta oleh Dosen Pembimbing Lapangan kepada Kepala Desa dan beberapa Pemerintah Desa. Acara dimulai pukul 09.30 yang dilaksanakan pada tanggal 06 September 2021 berlokasi di Balai Desa Sumbermulyo. Dosen Pembimbing Lapangan kecamatan menyampaikan mengenai pelaksanaan KKN – IK di Kabupaten Pati yang dilaksanakan di desa tempat tinggal masing- masing Mahasiswa sehingga berbeda dengan yang melaksanakan KKN- IK di Demak, Kudus, serta Jepara. Serta membahas beberapa program kerja yang akan dilaksanakan di desa Sumbermulyo meliputi Revitalisasi Web Desa, Pelaksanaan Database UMKM yang ada di Desa Sumbermulyo, dan melaksanakan sosialisasi nilai moderasi beragama.

Perangkat desa menyambut hangat adanya Peserta KKN – IK agar menjalankan program kegiatan yang sudah direncanakan untuk direalisasikan kepada masyarakat Desa Sumbermulyo secara maksimal dan juga membantu melaksanakan revitalisasi web desa  serta memberikan beberapa masukan untuk ditambahkan di tampilan web desa.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan